Selasa, 07 Januari 2014

PENGARUH PENYULUHAN GIZI TERHADAP PERILAKU IBU DALAM PENYEDIAAN MENU SEIMBANG UNTUK BALITA

Menu seimbang sangat penting terutama pada awal pertumbuhan balita.
Pengetahuan ibu yang rendah tentang penyediaan menu seimbang untuk balita dapat berpengaruh terhadap pemberian makanan anak balita.
 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyuluhan gizi terhadap perilaku ibu dalam penyediaan menu seimbang untuk balita di Desa Ramunia-I Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan one pre- and post-test group. Perlakuan adalah penyuluhan gizi berupa ceramah, pembagian leaflet, dan demo menu seimbang untuk balita. Pengukuran dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dan sesudah penyuluhan diberikan. Jumlah sampel adalah sebanyak 42 orang ibu. Analisa hasil dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test.

Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu sebelum penyuluhan gizi tentang penyediaan menu seimbang untuk balita adalah cukup (78,57%), setelah penyuluhan gizi pengetahuan ibu menjadi baik (90,48%). Sikap ibu sebelum penyuluhan gizi adalah cukup (71,43%), sesudah penyuluhan gizi sikap ibu menjadi baik (71,43%). Tindakan ibu sebelum penyuluhan gizi yang baik sebanyak 14,29%, sesudah penyuluhan gizi menjadi 42,86%. Hasil uji menunjukkan ada perbedaan sesudah perlakuan, yaitu pengetahuan dengan nilai t=-24,065 dan p=0,000; sikap dengan nilai t=-15,829 dan p=0,000; dan tindakan dengan nilai t=-3,629 dan p=0,001.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh penyuluhan giziterhadap perilaku ibu dalam penyediaan menu seimbang, yaitu terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan dalam penyediaan menu seimbang untuk balita. Saran dari penelitian ini adalah kepada petugas promosi kesehatan dapat
memberikan penyuluhan berupa ceramah, pembagian leaflet, dan demo menu seimbang untuk balita sebagai salah satu metode untuk memberitahukan informasi baru dan juga untuk mempromosikan kesehatan balita kepada para ibu.

Untuk mendapatkan naskah aslinya, silahkan download disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar